You cannot copy content of this page

Smartwatch Murah Terbaik Tahun 2020 Yang Patut Anda Pertimbangkan

Spread the love

Jam tangan pintar terbaik saat ini sudah mampu melakukan banyak hal dan trik, seperti mencari beberapa hal di internet dengan suara Anda, melacak lokasi Anda dengan GPS, berkomunikasi melalui smartwatch atau bahkan mengukur detak jantung Anda. Bahkan untuk beberapa model smartwatch berkualitas, mampu melakukannya tanpa dipasangkan dengan ponsel terbaik di pasaran.

Saya telah menguji sebagain besar produk-produk smartwatch canggih yang dapat Anda beli sekarang dari IMOO Watch Phone Z2, Fitbits, jam tangan pintar Samsung Gear hingga VYATTA Fitme Prime+. Ada juga Wear OS atau Android Wear yang merupakan sistem operasi Google sendiri yang dapat digunakan dibeberapa smartwatch yang ada.

Selama proses pengujian, saya mempertimbangkan berbagai aspek dari segi desain, fitur, masa pakai baterai, spesifikasi, harga dibawah 2 juta dan 1 juta rupiah serta merangkumnya sebagai berikut.

6 Smartwatch Terbaik Dibawah 2 Juta

1. IMOO Watch Phone Z2

IMOO Watch Phone Z2


Jam tangan pintar yang satu ini merupakan smartwatch murah dari versi terbarunya yaitu IMOO Watch Phone Z5. Walau bukan versi terakhir, IMOO V2 sudah cukup canggih dan sudah dilengkapi dengan fitur 4G sehingga mampu melakukan real time video call dengan kamera depan 2MP. Mendukung GPS, GLONASS, Base Station (BS), Wifi yang mampu mendeteksi keberadaan dari jam tangan.

Kapasitas baterai cukup besar 680mAh yang bisa bertahan hingga 5 hari kedepan tanpa melakukan pengisian daya. Layar mengadopsi panel Corning Gorilla Glass dengan fitur anti gores, tahan banting dan halus ketika disentuh. Serta tampilan jernih dan berwarna dengan resolusi 240×240 yang nyaman bagi penglihatan Anda. Smartwatch ini baik bagi semua kalangan namun sangat cocok bagi anak-anak Anda, karena mengedepankan teknologi GPS yang sangat baik.

 

2. Samsung Gear FIT 2 Pro

Samsung Gear FIT 2 Pro

Dari beberapa smartwatch yang ada dipasaran, Samsung tetap menjadi pilihan utama bagi kalangan muda. Dengan desain trendi dan masa kini, Samsung Gear FIT 2 Pro adalah salah satu pilihan terbaik saya. Jam tangan ini memiliki layar Super AMOLED 1,5 inci dengan resolusi 216 x 432 piksel. Panel layar memungkinkan Anda melihat statistik aktivitas Anda, peta dan pesan yang ada.

Gear FIT 2 Pro dilengkapi dengan prosesor dual-core 1GHz dan RAM 512MB dan media penyimpanan internal 4GB. Tahan terhadap air hingga 5ATM dan dilengkapi dengan sertifikat MIL-STD-810G. Layaknya IMOO Watch Phone Z2, perangkat ini juga memiliki konektivitas GPS, Bluetooth dan Wifi. Kapasitas baterai tidak cukup besar, hanya 200mAh yang mampu bertahan selama 3 hari.

3. Amazfit GTS Xiaomi

Amazfit GTS Xiaomi

Amazfit GTS Xiaomi adalah salah satu yang juga terbaik dan desain yang hampir mirip dengan Apple Watch Series bahkan jauh lebih baik. Amazfit GTS memiliki bodi paduan aluminium yang terlihat kokoh dan berkelas. Beratnya 24.5 gram, ringan dan jauh lebih tipis dari Apple Watch dengan hanya memiliki ketebalan 9.4 mm. Layar AMOLED 1.65 inci dengan 341 PPI dan memiliki resolusi 348 x 442 piksel.

Jam tangan pintar ini dikemas dengan sensor Bio Tracker, 6-Axis Accelerometer, 3 Axis Geomagnetic, Sensor Air Pressure, konektivitas Bluetooth 5.0 dan NFC. Smartwatch Amazfit GTS dikemas dengan 12 mode olahraga dan memiliki baterai 220mAh dengan waktu siaga 46 hari, 14 hari ketika sensor diaktifkan dan 25 jam dalam mode GPS.

4. Amazfit GTR Xiaomi

Amazfit GTR Xiaomi

Jam tangan ini memiliki desain dengan balutan klasik yang menarik, layar AMOLED yang besar dengan resolusi 454×454 dan tali silikon yang bagus, yang secara efektif menahan keringat saat berolahraga. Amazfit GTR Xiaomi menawarkan kapasitas baterai 410 mAh yang mampu bertahan seharian. Antarmuka yang optimal dengan tampilan yang lebih besar membuat ikon dan pesan lebih jelas dan lebih muda dibaca.

Amazfit GTR 47mm mampu memantau aspek penting dari kesehatan tubuh. Fungsi penting tersebut termasuk detak jantung 24 jam dan kualitas dari tidur Anda. Monitor jantung memungkinkan Anda memeriksa tingkat tekanan saat Anda melakukan kegiatan sehari-hari ataupun saat Anda tidur. Semua data historis tersebut disimpan dan dapat digunakan untuk membuat analisis yang lebih rinci.

5. Fitbit Inspire HR Smartwatch

Fitbit Inspire HR Smartwatch

Fitbit Inspire HR adalah jam tangan pintar dengan harga dibawah 2 juta yang ramping dan ringan. Smartwatch ini dilengkapi dengan fitur yang tidak kalah modern dengan smartwatch lainnya. Fitur kebugaran dasar dengan 15+ mode, pelacakan langkah harian, GPS, pelacakan statistik tidur Anda di malam hari dan monitor detak jantung membuat jam tangan ini cocok bagi Anda yang sering beraktifitas.

Baterai jam tangan pintar Fitbit juga mampu bertahan antara 4 sampai 5 hari penggunaan. Siapa pun Anda yang ingin mulai fit atau ingin mencari cara untuk memonitor latihan Anda setiap minggu, Anda akan menikmati Fitbit Inspire HR. Namun GPS yang tidak terlalu baik layaknya IMOO, membuat smartwatch ini tidak terlalu tepat digunakan bagi Anda yang ingin melacak posisi Anda menggunakan Fitbit.

6. Smartwatch IWO 8 Series 4

Smartwatch IWO 8 Series 4

IWO 8 Series 4 produk unggulan yang menyerupai Apple Watch Series. Layaknya Apple Watch, jam tangan pintar ini juga dilengkapi dengan charger magnetik. Bagian samping IWO8 terdapat speaker yang lumayan besar. Terdapat 8 skins didalamnya yang bisa Anda pilih. IWO 8 Series 4 juga memiliki kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 380MAH dengan layar resolusi 240 x 240 piksel.

Smartwatch canggih ini juga dapat disambungkan dengan perangkat handphone Android Anda dengan menggunakan aplikasi mediatek smart device namun sangat disayangkan belum dapat disambungkan dengan perangkat Apple. 12 pilihan bahasa termasuk bahasa Indonesia juga dibenamkan dalam smartwatch ini dan bisa Anda pilih sesuai dengan bahasa yang Anda gunakan.

4 SmartWatch Terbaik dibawah 1 Juta

1. Xiaomi Amazfit

Xiaomi AmazfitXiaomi produsen smartphone android ini juga merambah ke pasar smartwatch. Xiaomi hadir membawa sebuah terobosan dengan membawa SmartWatch dengan biaya hanya sekitar 800rban dan bisa terkoneksikan baik dengan Android atau iOS sekalipun. Xiaomi Amazfit memiliki desain yang unik, yang belum kita lihat di jam tangan pintar lainnya. Meskipun memiliki layar sentuh bulat, ujung-ujungnya tidak tajam, sebaliknya, mereka juga bulat. Bezels terbuat dari semen zirkonia, dan begitu juga anti gores. Perangkat ini dilengkapi dengan layar 1,34 inci dengan resolusi 300 × 300 piksel. Tampilan tajam dan warna yang dihasilkan sangat hidup, yang membuatnya terlihat di bawah kondisi pencahayaan apa pun.

Perangkat menggunakan sensor PPG yang dipasang di belakang, untuk memantau detak jantung Anda. Sensor ini menunjukkan hasil yang sangat baik dalam pengujian yang saya lakukan dan ternyata sebaik yang ada di Apple Watch. Pengujian pada GPS dan GLONASS juga menunjukkan hal serupa. Xiaomi Amazfit dapat secara akurat melacak jarak, elevasi, kecepatan, irama dan banyak data penting lainnya yang diperlukan untuk latihan kebugaran harian Anda.

2. VYATTA Fitme Prime+

VYATTA Fitme Prime+Fitme Prime+ merupakan brand VYATTA yang juga layak Anda pertimbangkan. Berbeda dengan seri Fitme Prime yang menggunakan bezel plastik, pada seri Fitme Prime+ ini bezelnya sudah menggunakan aluminium. Terdapat fitur telepon, sosial media, pesan, tahan air dan notifikasi panggilan serta kompatibel untuk ponsel, smartphone dan tablet.

Jam tangan ini memiliki layar sebesar 1,3 inci dan dilengkapi juga dengan fitur pendeteksi detak jantung, kalori dan jumlah langkah saat Anda berjalan. Sayangnya kabel charger smartwatch ini bukan kabel universal seperti pada handphone atau smartphone Anda. Sehingga jika hilang akan sulit untuk membelinya dipasaran.

3. Smartwatch North Edge

Smartwatch North Edge

North Edge adalah brand asal tiongkok yang cukup terkenal dengan jajaran produk jam tangan sport dan outdoor. Namun kini North Edge juga merambah pasar smartwatch melalui seri North Edge E101. Jam tangan ini hadir dengan desain bulat dan cukup mewah berdiameter 45mm. Namun sayang bagian bawah dan lingkaran chrome jam tangan ini terbuat dari plastik yang tidak menimbulkan kesan wah.

North Edge ini dapat terhubung dengan ponsel menggunakan aplikasi WearHeart. Aplikasi ini menawarkan antarmuka yang cukup user friendly dan informatif. Daya tahan baterai 180mAh cukup baik dikelasnya yang mampu bertahan hingga 2 sampai 3 hari dan jika tidak terhubung dengan ponsel daya tahannya bisa lebih lama.

4. Xiaomi Mi Band 4

Xiaomi Mi Band 4

Selama tiga tahun terakhir, Xiaomi telah meluncurkan fitur baru yang menarik untuk seri Mi Bandnya. Mi Band 3 tahun lalu menawarkan sensor detak jantung, ketahanan air 5ATM dan panel OLED 0,78 inci dengan harga dubawah 1 juta. Pabrikan asal Cina ini mendominasi segmen smartwatch murah dengan fitur-fitur canggih. Xiaomi melanjutkan tren itu dengan menghadirkan Mi Band 4. Estetika desain keseluruhan dari Mi Band 4 tidak banyak berubah dari versi Mi Band 3.

Mi Band 4 memiliki beberapa peningkatan kunci menonjol dari versi terdahulunya. Layar AMOLED berwarna dan kontras yang lebih baik, lebih besar dan memiliki resolusi tinggi adalah salah satu peningkatannya. Band ini juga memiliki fitur pelacakan latihan yang lebih baik termasuk kegiatan berenang dan memiliki daya tahan baterai yang sama dengan Mi Band 3. Jam tangan ini juga memiliki ketahanan air sampai 50 meter.


Spread the love

Asirwanda Akarsana adalah seorang IT blogger profesional dengan gelar sarjana Teknik Informartika salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia. Dia telah menulis beberapa review terkait perkembangan teknologi informasi serta dunia seluler dan sangat antusias membagikannya kepada Anda.

4 Comments
  1. Great content! Super high-quality! Keep it up! 🙂

  2. Wonderful web page you’ve got there.

Leave a reply

CommentLuv badge
IndoGuide
Logo
Login/Register access is temporary disabled
Compare items
  • Total (0)
Compare
0