You cannot copy content of this page

10 Wireless Router Terbaik dan Tercepat Indonesia Tahun 2019

Spread the love

Di era modern ini memiliki salah satu router nirkabel terbaik di rumah sangatlah penting. Baik Anda menggunakan koneksi Wifi untuk bermain game, bekerja atau hanya untuk streaming video, diperlukan koneksi internet yang cepat. Tentu saja hal yang menjengkelkan ketika terjadi buffering ketika Anda sedang menonton acara favorit di Netflix atau kalah dalam pertandingan game online karena koneksi terputus. Jujur saja hal tersebut juga terjadi kepada saya.

Saat memilih router baru, Anda harus mempertimbangkan ukuran area jangkauan, jumlah pengguna, serta jenis perangkat yang akan terhubung dengan router. Tidak semua orang membutuhkan router yang memiliki fitur canggih yang kemungkinan besar tidak akan pernah Anda gunakan. Tetapi jika Anda memiliki beberapa anggota keluarga yang mencari bandwith untuk hal-hal streaming video, router terbaik dan terbaru membantu Anda mengatasi segala masalah.

Untuk itulah saya mengumpulkan 10 wifi router terbaik untuk membimbing dan memilih router sesuai dengan kebutuhan jaringan nirkabel Anda saat ini dan di masa depan, dan menawarkan pilihan terbaik dari hasil uji yang saya lakukan.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Wireless Router

Saat memilih router baru, banyak hal yang harus anda pertimbangkan seperti ukuran area jangkauan, jumlah klien ataupun jumlah perangkat yang akan terhubung ke router. Tidak semua orang membutuhkan jenis kinerja yang Anda akan dapatkan dengan model terbaru dan terhebat.

Banyak saya jumpai beberapa teman dan kolega membayar fitur yang kemungkinan besar tidak akan pernah digunakan. Tetapi jika Anda memiliki beberapa anggota keluarga yang mencari bandwith untuk hal-hal seperti bermain game atau streaming netflix dan youtube, router baru yang canggih bisa membantu mewujudkannya.

Saya akan membagikan kepada Anda hal-hal apa saja yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli wireless router.

1. Router Nirkabel Anda Harus Dual-Band atau Tri-Band?

Saat ini, wifi router menawarkan setidaknya dua pita frekuensi yaitu band 2.4GHz dan band 5GHz. Band 2,4GHz beroperasi pada frekuensi yang lebih rendah sehingga memiliki jangkauan lebih baik dan dapat menembus dinding struktur lainnya. Sedangkan band 5GHz memiliki pita lebih gemuk dan akses kecepatan tinggi.

Pita Wi-Fi 2.4GHz sangat memadai untuk tugas-tugas seperti penjelajahan web dan aktivitas media sosial seperti facebook dan twitter namun harus bersaing dengan perangkat lain di rumah Anda yang menggunakan frekuensi yang sama, seperti oven, perangkat bluetooth dan telepon nirkabel. Jika satu atau lebih perangkat Anda akan mengalirkan video dari layanan seperti Netflix atau layanan game online seperti Xbox Live, band 5GHz menawarkan throughput yang jauh lebih signifikan dengan gangguan sinyal minimal.

Jika Anda memiliki jaringan yang sibuk dengan banyak klien yang bersaing untuk bandwith, router tri-band adalah pilihan yang tepat. Router tri-band mempunyai satu band 2.4GHz dan dua band 5GHz yang dapat mendedikasikan salah satu band 5GHz untuk menangani tugas-tugas seperti streaming video dan band 5GHz lainnya untuk aktifitas game online.

2. Dukungan Untuk MU-MIMO atau 802.11ac Wave 2

MU-MIMO (Multi-User Multi Input Multiple Output) adalah kemampuan untuk mentransmisikan data ke beberapa klien secara bersamaan atau sekaligus. Dengan metode transfer ini, router nirkabel dapat “berbicara” ke lebih dari satu klien pada satu waktu pada saluran radio nirkabel tunggal.

MU-MIMO adalah bagian dari standar 802.11ac Wave 2, yang dikeluarkan oleh Wi-Fi Alliance pada tahun 2015. Ketika router memiliki dukungan ini, wireless router Anda dapat menyediakan Wi-Fi lebih cepat ke perangkat Anda dan dapat menangani lebih banyak klien nirkabel secara bersamaan.

3. Prosesor dan RAM

Prosesor dan RAM sering kali terlewatkan saat memilih router nirkabel terbaik. Rumah anda memiliki banyak perangkat yang memerlukan konektivitas nirkabel serta aktivitas seperti streaming video, bermain game online, dan kegiatan lain di mana banyak data ditransfer melalui jaringan. Untuk mengatasi semuanya, router membutuhkan daya pemrosesan yang lebih banyak daripada biasanya.

Saat memilih wifi router, Anda harus tau apakah ia memiliki prosesor single-core, dual-core atau quad-core. Secara alami aturan yang terdapat pada handphone atau laptop Anda juga berlaku untuk wireless router. Prosesor dual-core dapat menangani banyak data dan lebih banyak klien daripada prosesor single-core. Juga prosesor yang berjalan pada 900 Mhz kurang kuat daripada 1.2GHz.

4. Memiliki Port USB (Lebih Bagus USB 3.0)

Memiliki setidaknya satu port USB yang tersedia adalah suatu keharusan di rumah-rumah modern. Port USB ini dapat disambungkan ke perangkat lain seperti hard disk eksternal, printer maupun modem USB. Router yang hendak Anda beli harus memiliki minimal satu post USB. Akan lebih baik jika port USB sudah mendukung USB 3.0.

5. Pengaturan Router Menggunakan Ponsel

Kenyamanan lebih penting dari segalanya. Beberapa tahun lalu, orang hanya dapat mengelola wireless router mereka dengan mengakses firmware melalui browser web. Namun kini, banyak produsen mengembangkan aplikasi ponsel yang dapat digunakan orang untuk mengatur router mereka. Jika Anda menginginkan kenyamanan, Anda harus memeriksa apakah router yang Anda beli memiliki pengaturan dalam bentuk aplikasi handphone atau tidak.

10 Rekomendasi Wifi Router Terbaik

1. Asus ROG Rapture GT-AC5300

Asus ROG Rapture GT AC5300 Wireless RouterSalah satu router tercepat dengan kehadiran fitur dan elemen hebat di dalamnya. Rapture GT-AC5300 umumnya adalah router tri-band dengan dual band 5GHz serta band 2,4GHz. Salah satu dari dual band 5GHz dapat digunakan secara khusus untuk perangkat game Anda sedangkan yang lain dapat ditugaskan untuk menangani perangkat lain.

Router ini dilengkapi dengan prosesor quad core 1.8GHz, port USB 3.0, memori flash 256MB, delapan port LAN, memori DRAM 1024MB dan teknologi Quadrature Amplitude Modulation (QAM). Dengan teknologi 1024QAM anda bisa mencapai kecepatan maksimum 1,000 Mbps pada jaringan 2.4Ghz dan kecepatan maksimum 2,167 Mbps pada jaringan dual band 5Ghz.

ASUS ROG Rapture GT-AC5300 Review

Wireless Router Buat Gaming?

Jika Anda seorang gamer online yang sedang mencari cara meningkatkan koneksi Wi-Fi Anda, saya percaya bahwa Asus ROG Rapture GT-AC5300 adalah yang sempurna bagi Anda.

Kelebihan:

  • Delapan port LAN gigabit
  • Dua port USB 3.0
  • Banyak fitur yang ramah bagi gamer
  • Memiliki fitur MU-MIMO

Kekurangan:

  • Harga mahal
  • Bentuk yang cukup besar

2. TP-LINK ARCHER C7 AC1750

TP LINK ARCHER C7 AC1750 Wireless- Router

Router TP-LINK ARCHER C7 AC1750 mungkin berharga hanya dibawah 2juta namun performanya mampu bersaing dengan wifi router dengan harga diatasnya. Mengusung konektivitas dual band 2.4GHz dan 5GHz, yang mampu mencapai kecepatan hingga 500mbps dan menawarkan banyak pengaturan manajemen dan port I/O.

Wireless router dilengkapi dengan gigabit ethernet, sepasang port USB 2.0 serta parental control yang berfungsi melindungi aktivitas internet anak anak Anda.

Kelebihan:

  • Harga terjangkau dengan kualitas terbaik
  • Kecepatan maksimal
  • Proses install sangat mudah
  • Pengaturan manajemen yang banyak

Kekurangan:

  • Antarmuka pengguna yang jadul
  • Hanya memiliki port USB 2.0 bukan 3.0

3. D-Link DIR-890L Ultra

D-Link DIR 890L Ultra Wireless RouterJika Anda menyukai router dengan design yang nyentrik D-Link DIR-890L Ultra adalah pilihannya. Mengguncang dengan desain yang unik dan menarik. Bahkan awalnya saya mengira produk ini adalah drone bukan sebuah perangkat jaringan. Memiliki warna merah yang cemerlang dengan enam antena eksternal untuk mencapai kecepatan maksimum 1.300Mbps + 600Mps secara bersamaan.

Agak disayangkan ke enam antenanya tidak bisa dilepas untuk menggantinya dengan antena lain yang bisa meningkatkan jangkauan karena jangkauan Wi-Finya dirasa relatif pendek. Mirip dengan ASUS RT-AC3200, DIR-890L ditenagai oleh prosesor dual-core 1Ghz.

Pada bagian belakang terdapat empat port LAN Gigabit dan satu port Gigabit WAN. Produk ini juga memiliki satu USB 2.0 dan satu port USB 3.0 yang dapat Anda gunakan untuk meng-host printer atau hard drive eksternal.

Kelebihan:

  • Desain yang nyentrik dan menarik
  • Mudah digunakan dan disetting
  • Memiliki Wifi yang cepat

Kekurangan:

  • Lumayan mahal dan memiliki konfigurasi dan fitur yang terbatas
  • Antena tidak bisa dilepas
  • Jangkauan Wifi relatif pendek

4. TENDA AC1200

TENDA AC1200 Wireless RouterTENDA bukanlah merk yang paling terkenal dalam industri perangkat jaringan, tetapi mereka cukup berhasil dalam memberikan solusi yang lebih hemat biaya. Wifi Router dual band yang memiliki kemampuan maksimum 300Mbps pada band 2.4Ghz dan 867Mbps pada band 5Ghz ini, memiliki empat port Ethernet Gigabit.

Basis platform ini menjalankan chipset Broadcom yang cukup populer di antara router entry-level lainnya. Penguat sinyal bawaannya serta empat antena eksternal menawarkan pengalaman video streaming yang tidak terganggu serta bermain game yang bebas hambatan. AC1200 juga menyediakan fitur aktif dan nonaktif secara otomatis untuk mengurangi konsumsi daya.

Kelebihan:

  • Fitur aktif dan nonaktif secara otomatis
  • Hemat daya
  • Harga bersaing

Kekurangan:

  • Tidak tahan lama
  • Kurang begitu stabil

5. Xiaomi Wifi Router 3CXiaomi Wifi Router 3C Wireless Router

Siapa yang tidak kenal Xiaomi? Vendor dengan reputasi produk bagus dan harga murah ini selain menghadirkan produk seluler juga menawarkan perangkat jaringan. Xiaomi Mi Router 3C ikut meramaikan pasar dengan single band 802.11 b/g/n yang beroperasi pada 2.4GHz. Produk ini mendukung kecepatan maksimum hingga 300Mbps yang memiliki 16MB ROM dan 64MB RAM yang cukup banyak untuk router di segmen ini.

Mi Router 3C berkinerja cukup baik dengan sebagain besar perangkat yang saya coba gunakan, termasuk laptop dan smartphone. Sangat sulit untuk mengalahkan Xiaomi Mi Router 3C dengan harga ini, karena memberikan fitur yang sangat baik, aplikasi yang bermanfaat serta kinerja yang handal. Hanya firmware memerlukan beberapa perubahan kecil, yang saya harap akan diluncurkan pada pembaruan di masa mendatang.

Kelebihan:

  • Harga murah
  • Design app dan firmware yang bagus
  • Jangkauan yang cukup luas

Kekurangan:

  • Hanya memiliki 2 port Ethernet
  • Aplikasi manajemen jarak jauh memerlukan akun Xiaomi untuk dapat berfungsi

6. HUAWEI B311

HUAWEI B311 Wireless RouterHUAWEI B311 adalah wifi router yang cocok bagi Anda yang tidak mau atau tidak bisa mendapatkan broadband kabel untuk rumah atau kantor Anda. Router ini berjalan dengan 3 jaringan yang semuanya menawarkan kecepatan 4G ke semua perangkat rumah Anda serta memberi Anda akses ke internet melalui jaringan seluler dan jaringan ethernet dengan kecepatan hingga 150Mbps. Saya hanya berhasil mencapai kecepatan sekitar 8Mbps (1MB/detik) dengan kekuatan sinyal jaringan 3 bar dari maksimum 5 bar dan keceptan sekitar 70Mbps (9 MB/detik) dengan kekuatan sinyal maksimal.

Produk ini tidak bertujuan untuk bersaing secara langsung dengan broadband rumah Anda, melainkan menawarkan alternatif yang lebih fleksibel, sederhana dan terjangkau sebagai opsi jangka pendek atau bagi Anda yang tidak menginginkan sambungan telepon rumah atau tidak bisa mendapatkan internet kabel yang cepat.

Kelebihan:

  • Harga terjangkau
  • Memiliki antena eksternal
  • Mudah dikonfigurasi dan tidak memerlukan sambungan telepon rumah

Kekurangan:

  • Hanya mendukung layanan single-band 2.4GHz Wi-Fi
  • Hanya memiliki 1 port ethernet

7. ASUS Wireless RT-AC88U

ASUS Wireless RT AC88U Wireless RouterRT-AC8U adalah dual-band Router yang menawarkan kinerja yang sangat baik dengan fitur yang lengkap. Produk ini dilengkapi dengan delapan port LAN Gigabit dengan dukungan Dual-WAN dan agregasi port ( dua port LAN dapat digabungkan menjadi 1 koneksi yang cepat ). Saya menguji RT-AC88U dengan firmware versi terakhirnya dan mendapatkan hasil yang cukup memuaskan.

Pada band 5Ghz dan dengan jarak dekat sekitar 3 meter, produk ini mampu mencapai hampir 850Mbps. Ketika saya memperpanjang jarak uji menjadi 12 meter, ASUS Wireless RT-AC88U masih bisa mencapai hampir 600Mbps. Pada band 2.4Ghz, router ini tidak terlalu impresif namun juga cukup menawan. Dia mampu mencapai kecepatan 200Mbps pada jarak 3 meter dan 110Mbps pada jarak 10 meter.

Jika anda punya budget lebih bagi wireless router Anda, ASUS Wireless RT-AC88U pilihan terbaik.

Kelebihan:

  • Kinerja Wi-Fi cepat dengan jangkauan luas
  • Banyak fitur bermanfaat termasuk menjaga jaringan dari ancaman dunia maya
  • 8 Port dengan Dual-WAN dan link agregasi

Kekurangan:

  • Kecepatan penyimpanan jaringan lambat jika dipadukan dengan eksternal hard drive

8. Linksys EA6300-AP AC1200

Linksys EA6300 AP AC1200 Wireless Router

Linksys EA6300-AP, modem dengan desain yang berkelas. Wifi Router ini memiliki sentuhan hitam matt dengan aksen perak sederhana. Anda juga dapat memasangnya ke dinding berkat lubang yang terdapat pada dasar router. EA6300 mampu beroperasi secara bersamaan pada band 2.4GHz dan 5GHz dengan kecepatan maksimal 300Mbps dan 867Mbps. Antarmuka web router mudah digunakan dan dengan beragam pengaturannya seperti parental control dan pengaturan konektivitas.

Pada pengujiannya di jaringan 2.4GHZ, EA6300 mampu mencapai 53.6Mbps pada jarak 10 meter tapi sedikit memburuk pada jarak 25m dengan dengan kecepatan 6.6Mps. Performa nyata meningkat pada band 5GHz dengan kecepatan 149Mbps pada jarak 10 meter dan mencapai 42.8Mbps pada jarak 25 meter.

Kelebihan:

  • Bisa dipasang di dinding
  • Desain yang menarik dan berkelas

Kekurangan:

  • Tidak memiliki antena eksternal untuk memperkuat sinyal

9. Synology RT2600ACSynology RT2600AC Wireless Router

Pertama kali melihat dan meguji Synology RT2600AC, saya cukup terkesan oleh wifi router yang satu ini. Memiliki 4 port LAN dan 1 WAN, 1 port USB 3.0 dan 1 port USB 2.0 sehingga mampu menggunakan media penyimpanan eksternal dan selular dongle secara bersamaan sebagai backup koneksi internet yang ada. RT2600AC juga sudah memiliki teknologi quad-stream yang dapat menjangkau kecepatan maksimal hingga 1733Mbps.

Router RT2600ac memang belum sempurna seperti ASUS atau TPLINK pesaing dekatnya. Namun untuk kebutuhan rumahan wifi ini sudah cukup mempuni. Yang penting adalah dengan firmware yang diperbarui produk ini jauh lebih baik.

Kelebihan:

  • Firmware canggih dengan sejumlah besar pengaturan dan fitur jaringan
  • Kemampuan untuk meng-host sistem mesh dengan kuat
  • Dapat mengubah salah satu port LAN menjadi port WAN yang kedua

Kekurangan:

  • Kecepatan penyimpanan jaringan yang lambat saat hosting drive eksternal
  • Tidak memiliki link agregasi

10. Google Wifi

Google Wifi Wireless RouterGoogle Wifi adalah router termudah dan dengan desain sederhana yang pernah saya miliki. Setiap unit Google Wifi berbentuk silinder kecil dan sederhana dengan pita LED putih ditengahnya. Meskipun Google Wifi hanya router dengan dua band (2,4GHz dan 5GHz) melalui protokol mesh 802.11s, router ini memiliki kinerja yang cukup baik. Kecepatan internet Anda bisa mencapai maksimal 250Mbps dengan menggunakan Google Wifi.

Selain itu perangkat ini dapat membuat jaringan mesh yang berfungsi penuh dan dapat memberikan kinerja nirkabel yang sangat stabil. Untuk pengguna yang menghargai kesederhanaan daripada fungsionalitas maka Google Wifi masih tetap menjadi pilihan terbaik yang tersedia terutama karena masih memiliki harga yang sangat menarik.

Kelebihan:

  • Pengaturan yang mudah
  • Desain sederhana
  • Kinerja baik

Kekurangan:

  • Kontrol perangkat keras yang terbatas
  • Jaringan akan selalu terkoneksi dengan google


Spread the love

Asirwanda Akarsana adalah seorang IT blogger profesional dengan gelar sarjana Teknik Informartika salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia. Dia telah menulis beberapa review terkait perkembangan teknologi informasi serta dunia seluler dan sangat antusias membagikannya kepada Anda.

Silahkan bagikan pendapat Anda

      Leave a reply

      CommentLuv badge
      IndoGuide
      Logo
      Login/Register access is temporary disabled
      Compare items
      • Total (0)
      Compare
      0